UT GREEN

Green Infrastructure

Pedestrian

Untuk kenyamanan pejalan kaki, Kantor UT Pusat  telah menyediakan pedestrian yang nyaman menuju gerbang UT dan menuju ke gedung-gedung perkantoran di UT Pusat.

 

Fasilitas Pengguna Sepeda

Dalam penataan Kantor Pusat, UT juga menyediakan jalur sepeda bagi para pengendara sepeda. Fasilitas ini dibangun untuk mendorong pegawai untuk menggunakan sepeda di lingkungan kantor sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

 

Iklim Mikro

 Desain penataan kantor pusat UT menunjukkan adanya pelindung pada sirkulasi utama pejalan kaki di area luar gedung, serta desain lanskap yang menunjukkan adanya fitur yang mencegah terpaan angin kencang kepada pejalan kaki di daerah luar ruangan.

 

Manajemen Limpasan Hujan 

UT melakukan upaya pengurangan beban volume limpasan air hujan hingga 50% total volume hujan harian dengan mengatur aliran run off (air larian). Langkah yang telah dilakukan antara lain dengan membuat lubang resapan biopori di antara gedung-gedung kantor dan mengaplikasikan eco drainage dengan membangun danau penampung run off. Dalam rangka untuk menerapkan prinsip pengelolaan air tanah UT kemudian membangun sebuah danau buatan yang indah di belakang kompleks perkantoran UT. 

 

Eco Drainage

UT juga menerapkan  eco drainage, yang merupakan drainase  ramah lingkungan (drainase inkonvensional). Drainase ramah lingkungan didefinisikan sebagai upaya mengelola air yang berlebihan (run off) dengan cara sebesar-besarnya diresapkan ke dalam tanah secara alamiah atau mengalirkan ke sungai tanpa melampaui kapasitas sungai sebelumnya. Dalam drainase ramah lingkungan, justru air kelebihan pada musim hujan harus dikelola sedemikian sehingga tidak mengalir secepatnya ke sungai. Namun diusahakan dapat meresap ke dalam tanah, guna meningkatkan kandungan air tanah untuk cadangan pada musim kemarau.