Live Instagram Bersama UI GreenMetric: Menjelajahi keterkaitan SDGs dan Green Job bersama Universitas Terbuka

Pada Jumat, 17 Mei 2024, UIGreenMetric turut memperingat Hari Pendidikan Nasional dengan mengadakan bincang santai dalam acara live Instagram dengan tema  “Empowering Tomorrow’s Leaders: Integrating Sustainability Education for Green Job Opportunities”, topik yang sangat relevan terhadap perlindungan lingkungan dan kesejahteraan.

Dalam siaran live IG kali ini, Universitas Terbuka mendapat kehormatan untuk turut bergabung menjadi salah satu pembicara yang diwakili oleh Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Ketua Green SDG’s yang juga merupakan Guru Besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bersama dengan Dr. Ir. Susi A Wilujeng Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Natalia Christiani, M.Si, Project Manager dari CarbonEthics.

Siaran langsung ini dipandu oleh Yovita Yamin, Social Media and Communication pada UI GreenMetric yang mengawali bincang santai dengan kalimat pemantik mengenai bagaimana tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dapat menciptakan peluang kerja baru yang ramah lingkungan, atau yang sering disebut sebagai green job.

Prof Imam menegaskan terdapat 3 parameter penting untuk mengukur bagaimana pendidikan berkelanjutan yang diselenggarakan efektif mengarah pada terciptanya pekerjaan hijau. Pertama, perencanaan yang terstruktur, proses dan hasil yang terukur. Integrasi kurikulum dengan peluang green job adalah investasi jangka panjang. Pendidikan yang terarah dapat mengisi kontribusi yang signifikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Imam menambahkan bahwa sertifikasi profesi terkait dengan pekerjaan hijau juga memegang peranan penting. Sertifikasi memastikan bahwa individu yang terjun ke dalam green job memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan standar.

Live Instagram ditutup dengan berbagai harapan baik dari para narasumber. Secara khusus Prof Imam berharap agar lebih banyak institusi pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta yang bekerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan, menciptakan lebih banyak green job dan mengajak semua audiens untuk terus belajar dan berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan. Universitas Terbuka berkomitmen meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan konkret menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Saksikan tayangan ulang pada link berikut ini: