Ikuti pembekalan UIGM, UT komitmen menuju World Class University untuk keberlanjutan kampus

Pada tanggal 25 Maret 2024, Universitas Terbuka melakukan asessmen awal dalam rangka keikutsertaan di UI GreenMetric World University Ranking. Asessmen awal ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan dihadiri oleh tim asesor UI GreenMetric beserta tim gugus tugas Green SGD’s Universitas Terbuka.

Pertemuan ini dibuka oleh sambutan dari Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc selaku Ketua UI GreenMetric. Dalam sambutannya, Beliau memberikan pengantar yang komprehensif mengenai upaya-upaya berkelanjutan yang dapat diimplementasikan oleh Universitas Terbuka, khususnya penerapan praktik berkelanjutan antara program-program dalam GreenMetric dengan capaian SDG’s yang telah ditetapkan oleh Universitas.

Menanggapi kunjungan dari tim asesor UI GreenMetric, Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. menyatakan, “Kami sangat senang dan bersemangat untuk menerima kunjungan dari tim asesor UI Green Metric. Partisipasi kami dalam peringkat UI GreenMetric World University sangat penting bagi kami karena itu mencerminkan komitmen UT dalam mempromosikan keberlanjutan lingkungan yang sejalan dengan prinsip-prinsip SDG’s”.

Tim asesor UI GreenMetric terdiri dari para ahli dalam berbagai bidang terkait keberlanjutan lingkungan, mulai dari energi terbarukan, pengelolaan limbah, hingga kebijakan lingkungan. Acara inti dibuka dengan pengenalan tim gugus tugas green SDG’s yang diwakikili oleh Mirza Permana, S.T., M.Si dan dilanjutkan dengan presentasi terkait capaian Universitas Terbuka dalam enam indicator UI GreenMetric.

Diskusi berjalan secara interaktif dengan dua narasumber yakni Dr. Ir. Jaka Fajar Fatriansyah, M.Sc., IPM dan Dr. Ruki Harwahyu, M.T., M.Sc. Kedua narasumber menekankan pentingnya inovasi dan niat teguh Universitas untuk meningkatkan kontribusi terhadap pencapaian di masa mendatang. Assesmen awal ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi universitas untuk menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan, tetapi juga menjadi momen penting bagi Universitas Terbuka untuk mengevaluasi dan memperkuat inisiatif keberlanjutannya ke depan. Hasil penilaian awal tersebut akan menjadi landasan bagi UT untuk terus meningkatkan dan mengembangkan upaya-upaya keberlanjutan di masa mendatang.